Jenis Plastik dan Arti Kode Terdaftar

Halo …… coba lihat kanan dan kiri Anda, berapa banyak plastik yang Anda gunakan? Walaupun saya sering mendengar bahwa plastik itu buruk bagi lingkungan karena sulit dihancurkan, tetapi mengapa masih sulit untuk pergi?

Ini tentu saja terkait dengan budaya konsumtif yang ada di masyarakat kita. Setiap kali Anda membeli sesuatu, Anda akan mendapatkan kantong plastik dari penjual, belum lagi jika Anda membeli makanan dengan masing-masing bungkus plastik ditambah peralatan makan plastik. Astaga! Hanya sekali Anda makan, berapa banyak konsumsi yang harus Anda coba plastik? 😶

Belum lagi jika Anda membeli kopi di mal. Setiap minuman menggunakan satu gelas plastik. Atau beli air mineral di toko serba ada yang segera Anda buang. Jika kita perhatikan dengan teliti, ternyata penggunaan plastik langsung yang kita gunakan juga banyak. Anda merasa kasihan dengan bumi kita, Guys

Tentu kebiasaan ini mungkin tidak diubah. Kita bisa mulai dari pemahaman yang lebih baik tentang plastik, penggunaannya, dan bahaya yang ditimbulkannya. Jadi lain kali kita ingin sesuatu menggunakan plastik, jadi kita bisa memikirkannya terlebih dahulu.

Ayo, kenali plastik di sekitar Anda bersama kami!

1. PET atau PETE (polyethylene terephthalate)

Jenis Plastik dan Arti Kode TerdaftarPlastik dengan label ini tidak berwarna atau bening, biasanya digunakan untuk air mineral dalam kemasan atau jus. Plastik ini lebih baik digunakan hanya sekali dan jangan memasukkan air panas ke dalamnya. Jika permukaan plastik tidak mulus, atau ada goresan, lebih baik jangan minum air di dalamnya.Biasa digunakan untuk air mineral botolan, jus, minuman bersoda, atau kecap.

Tingkat penguraian dan kesulitan: Sedang.

2. HDPE (polietilen densitas tinggi)

Jenis-Plastik-dan-Arti-Kode-Terdaftar

Plastik HDPE putih susu. Sama seperti PET atau PETE, plastik dengan kode ini juga disarankan untuk tidak digunakan berulang kali.Biasa digunakan untuk botol susu, kosmetik, shampo, dan kantong plastik.

Tingkat penguraian dan kesulitan :  Sedang.

3. V atau PVC (polivinil klorida)

Jenis-Plastik-dan-Arti-Kode-Terdaftar-1Isi PVC DEHA yang terkandung dalam bungkus plastik dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak saat dipanaskan (jadi jangan pernah memanaskan makanan yang ditutupi bungkus plastik). PVC berpotensi berbahaya bagi ginjal, hati, dan berat badan.Biasanya digunakan untuk bungkus plastik, kotak makan siang plastik, mainan atau tirai mandi.

Dekomposisi dan tingkat kesulitan: Tinggi.

4. LDPE (polietilen densitas rendah)

Jenis-Plastik-dan-Arti-Kode-Terdaftar-1Jenis plastik ini biasa digunakan sebagai barang yang membutuhkan kelenturan tetapi kuat. Tipe ini tidak bisa dihancurkan tetapi aman untuk menyimpan makanan (food grade).Biasanya digunakan untuk pembungkus makanan, pembungkus roti, dan kantong pembersih kering.

Kesulitan mengungkapkan: Sedang.

5. PP (polypropylene)

Jenis-Plastik-dan-Arti-Kode-Terdaftar-3Jenis plastik ini paling baik digunakan untuk menyimpan makanan, terutama untuk botol bayi atau botol bayi (bening / transparan). Disarankan untuk mencari simbol ini ketika membeli barang-barang plastik untuk makanan.Biasa digunakan untuk botol bayi, botol obat, sedotan, dan wadah margarin.

Dekomposisi dan tingkat kesulitan: Rendah.

6. PS (polystyrene)

Jenis-Plastik-dan-Arti-Kode-Terdaftar-6Jenis plastik ini biasanya digunakan sebagai dasar untuk styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Bahan-bahan polystyrene dapat membocorkan bahan-bahan styrine ke dalam makanan kita. Tempat makan styrofoam menghasilkan polusi ketika diproduksi, menjadi sumber limbah karena hanya digunakan sekali, tidak dapat terurai dengan tanah, dan mengeluarkan gas beracun saat dibakar.Biasanya digunakan untuk minum gelas, mengambil bungkus makanan, dan pendingin.

Dekomposisi dan tingkat kesulitan: Tinggi.

7. Lainnya (biasanya polycarbonate)

Jenis-Plastik-dan-Arti-Kode-Terdaftar-7

Jenis plastik ini biasanya dalam makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate dapat melepaskan bahan utamanya, Bisphenol-A, ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Jadi sebisa mungkin hindari bahan plastik polycarbonate.Biasa digunakan untuk botol minuman tumblr, tas oven, atau kemasan.

Dekomposisi dan bahaya: Tinggi.

Kalian dapat menemukan kode di atas (biasanya) di bagian bawah plastik yang Anda gunakan. Di Indonesia, masih banyak barang yang menggunakan bahan plastik dan belum termasuk kode seperti di atas. Tentu ini bisa lebih berbahaya karena kita tidak tahu konten apa yang ada di dalamnya.

Jadi jauhi barang-barang plastik yang tidak termasuk kode di atas. Kode plastik biasanya lebih mahal, tetapi jika dibandingkan dengan kesehatan dan orang yang kita cintai?